Cara Install Trixbox 2.8 Sebagai VoIP Server




Trixbox adalah sebuah VOIP server yang dibuat menjadi satu dengan system operasi, yaitu Linux CentOS. Trixbox bersifat open source yang artinya setiap orang dapat mengetahui source code programnya dan memperolehnya secara gratis.

Apabila di install pada komputer/laptop dengan interface yang sesuai, maka akan dapat digunakan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, VOIP service provider dalam komunitasnya di dunia internet mempunyai 2 forum yang berbeda yaitu pengembangan dengan sifat open source dan commercial akan tetapi keduanya mempunyai forum yang saling memberikan solusi .Trixbox terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut:

- Sistem Operasi CentOS Linux
- Database MySQL
- VoIP Server Asterisk
- Tampilan GUI FreePBX

Lalu Apa Itu VoIP?
VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon bisa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidakseperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).  



Assalamu'alaikum Wr. Wb. Kembali Lagi Dengan Saya Galang Sutarna Pada Kesempatan Kali Ini Saya Akan Memberikan Tutorial Lagi yaitu Cara Instal TrixBox 2.8 Sebagai VoIP Server, Setelah Penjabaran Di Atas Kalian Sudah Tahu Apa Itu TrixBox dan VoIP Mari Kita Langsung Ke Proses Instalasi.
Inilah Proses Booting Saat Memulai Tahap Instalasi Trixbox Tekan Saja Enter 
Untuk Pemilihan Tipe Keyboard gunakan us itu Layout Keyboard Internasional Lalu Ok Saja
Sesuaikan Zona Lokasi Anda Jangan Lupa Untuk Mengaktifkan System Clock uses UTC agar Menyusaikan Dengan Jam yang sudah tentukan Lokasinya

Setelah Itu Buatlah Password Untuk Root
Setelah Sampai Sini Tunggu Proses Instalasi
Jika Sudah Selesai Tahap Instalasi Maka Inilah Tampilan Awal Pemilihin Boot Kernel di Trixbox
 Dan Inilah Tampilan Awal Dari Trixbox
Dan Inilah Tampilan GUI yang saya remote Via Web Browser dengan IP Server Trixbox
Jika Kalian Mengubah Admin Mode Maka Tampilannya Akan Seperti Ini Banyak Fitur Fitur yang dapat digunakan.. Jika Ingin ke admin Mode klik switch di pojok kanan masukkan user maint dan password password itulah user dan password default
Ya Mungkin Itu Saja... Untuk Tutorial Mengenai Trixbox saya Bahas dilain waktu Wassalamu'alaikum wr. wb. 

2 Comments

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post