GPON / FTTH Apa itu PON, OLT, ONU, ONT, ODN, ODC, ODP, ODF, OTB


Fiber to the Home (FTTH) mulai dianggap serius oleh perusahaan telekomunikasi atau Internet Service Provider di seluruh dunia, memungkinkan teknologi berkembang pesat. Jaringan optik aktif (AON) dan jaringan optik pasif (PON) adalah dua sistem utama yang memungkinkan koneksi broadband FTTH.

PON yang dapat memberikan solusi hemat biaya lebih banyak ditemukan di sebagian besar penerapan ISP Saat ini. di artikel ini kita akan mengupas mengenai, AON dan PON yang terutama melibatkan komponen dasar dan teknologi terkait OLT, ONT, ONU, dan ODN.


Komponen / Alat Alat yang digunakan pada Teknologi FTTH 

1. Apa itu OLT (Optical Line Terminal)

OLT adalah titik awal untuk jaringan optik pasif, yang terhubung ke switch inti melalui kabel Ethernet. Fungsi utama OLT adalah untuk mengubah, membingkai, dan mengirimkan sinyal untuk jaringan PON dan untuk mengoordinasikan multiplexing terminal jaringan optik untuk transmisi hulu bersama. Secara umum, peralatan OLT berisi rak, CSM (Control Switch Module), ELM (EPON Link Module, PON Card), perlindungan redundansi -48V modul catu daya DC atau satu modul catu daya AC 110 / 220V, dan kipas. Di bagian ini, Card PON dan catu daya mendukung hot-swap sementara modul lain dibuat di dalamnya. OLT memiliki dua arah float: upstream (mendistribusikan berbagai jenis data dan lalu lintas suara dari pengguna) dan downstream (mendapatkan data, suara,)




2. ODC (Optical Distribution Cabinet), ODP (Optical Distribution Point), ODF (Optical Distribution Frame) / OTB (Optic Terminal Box) & Splitter

Setiap daerah yang megarah ke customer sudah pasti ada alat ini atau bisa disebut ODN (Optical Distribution Network), catatan ini tergantung lokasi juga fungsi ketiga alat ini sama Sebagai titik terminasi kabel awal optik ke arah distribusi dan Sebagai titik distribusi kabel menjadi beberapa saluran dropp optik dengan menggunakan splitter yang mengarah ke pelanggan (Customer). perlu diingat sebagai catatan ini tergantung penyedia jasa layanan internet menggunakan metode alat apa untuk mendistribusikan suatu koneksi fiber optic ke customernya

Contoh Alat ODF/OTB yang sudah ada splitternya, dari ODF/OTB biasa disebut kabel feeder kebeberapa titik ODC atau ODF/OTB menggunakan media fiber optic biasanya ini digunakan di indoor sebagai titik awal koneksi dari OLT menggunakan Patch Cord ke ODF Atau bisa juga sebagai titik akhir yang nantinya mengarah ke customer atau ONU/ONT


Contoh Alat ODC yang sudah ada Splitternya, jadi ODC ini mendistribusikan beberapa koneksi fiber optic  kebeberapa titik ODP atau ODF melalui splitter, biasanya di letakan di pinggir jalan raya atau dia bawah area tower


Contoh ODP yang sudah ada splitternya, dari ODP ini lanjut mendistribusikan beberapa koneksi fiber optic ke beberapa Customer biasanya ini ditempatkan tergantung di Tiang Tiang pinggir jalan raya




3. Apa itu Optical Network Unit (ONU) / Optical Network Terminal (ONT)

Alat ini biasa disebut Modem tetapi penamaan aslinya ialah ONU atau ONT  jadi fungsinya mengubah sinyal optik yang ditransmisikan melalui Fiber menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik ini kemudian dikirim ke pelanggan individu. Secara umum, ada jarak atau jaringan akses lainnya antara ONU dan tempat pengguna akhir (Customer). Selain itu, ONU dapat mengirim, menggabungkan, dan mengatur berbagai jenis data yang berasal dari pelanggan dan mengirimkannya ke upstream ke OLT. Grooming adalah proses yang mengoptimalkan dan mengatur ulang aliran data agar dapat dikirimkan dengan lebih efisien. OLT mendukung alokasi bandwidth yang memungkinkan kelancaran pengiriman data mengambang ke OLT, yang biasanya tiba dalam semburan dari pelanggan. ONU dapat dihubungkan dengan berbagai metode dan jenis kabel, seperti kabel tembaga twisted-pair, kabel koaksial, serat optik, atau melalui Wi-Fi.

Perangkat pengguna akhir (End Devices) juga dapat disebut sebagai terminal jaringan optik (ONT). Sebenarnya ONT sama dengan ONU pada intinya. ONT adalah istilah ITU-T, sedangkan ONU adalah istilah IEEE. Milik badan standar yang berbeda, keduanya mengacu pada perlengkapan sisi pengguna di sistem GEPON. Namun dalam praktiknya, ada sedikit perbedaan antara ONT dan ONU menurut lokasinya. 




PON (Passive Optical Network)

Penjelasan PON: Definisi, Standar, dan Keuntungan

Jaringan optik pasif mengacu pada jaringan fiber optik yang memanfaatkan topologi point-to-multipoint dan pemisah optik untuk mengirimkan data dari satu titik transmisi ke beberapa titik akhir pengguna (Customer). Berbeda dengan AON, beberapa pelanggan terhubung ke satu transceiver melalui cabang serat dan unit pemisah / penggabung pasif, yang beroperasi sepenuhnya dalam domain optik dan tanpa daya dalam arsitektur PON. Ada dua standar PON utama saat ini: Gigabit Passive Optical Network (GPON) dan Ethernet Passive Optical Network (EPON). Struktur topologi mereka pada dasarnya sama. Sebagai pilihan pertama dalam banyak skenario penerapan FTTH, solusi PON memiliki beberapa manfaat utama :
  • Konsumsi Daya Lebih Rendah
  • Ruang yang Dibutuhkan Lebih Sedikit
  • Bandwidth Lebih Tinggi
  • Keamanan Tingkat Lebih Tinggi
  • Lebih Mudah untuk Menginstal dan Memperluas
  • Mengurangi Biaya Operasi dan Manajemen




Struktur dan Komponen PON

Dalam sistem Gigabit Ethernet Passive Optical Network (GEPON), terdapat Optical Line Terminal (OLT) di kantor pusat penyedia layanan dan sejumlah Optical Network Unit (ONU) atau Optical Network Terminal (ONT) di dekat pengguna akhir (Customer), juga sebagai pembagi (Splitter) optik (SPL). Selain itu, Optical Distribution Network (ODN) juga digunakan selama transmisi antara OLT dan ONU / ONT.


KESIMPULAN*

Teknologi GEPON sudah mulai digunakan dan dimplementasikan di berbagai ISP saat ini mulai dari pelayanan ke Perumahan, Apartemen, Kantor, serta perusahaan... tetapi rata rata penyedia jasa layanan internet menggunakan teknologi GEPON di banyak perumahan, apartemen.

Perlu dicatat bahwa metode yang digunakan ISP pasti berbeda beda saya hanya menjelaskan metode yang umum digunakan, seperti dari ISP > OLT > ODF/OTB > ODC > ODP > ONT/ONU (Customer)

Semakin luas wilayah cakupan semakin butuh banyak distribusi (ODN) jaringan media fiber optic, sebagai contoh seperti Indihome yang cakupannya luas menggunakan metode yang umum seperti yang saya jelaskan tadi,

Mungkin itu saja yang bisa saya share kali ini, sekian dari saya terima kasih





Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post